Batara Sakti

BATARA SAKTI INDONESIA

( BSI )

KERABAT DIRGANTARA SAHABAT KARIB SEJATI

Salam Komunikasi :

SALAM SATU HATI SATU JIWA

Motto :

MESRA DIUDARA, AKRAB DIDARAT, ABADI DIHATI

IDE DASAR

Ide Dasar pembentukan Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA (BSI) adalah adanya sebuah KENYATAAN bahwa pengguna radio komunikasi personal di Indonesia ini yang TIDAK BERIZIN jauh lebih besar dari yang BERIZIN , prosentasenya 30% berizin (RAPI & ORARI) sementara yang 70% justru tidak berizin .

Apabila potensi mereka itu bisa terwadahi secara nasional niscaya akan sangat bermanfaat bagi Masyarakat dan Pemerintah , karena umumnya para pengguna frekwensi radio memiliki kepedulian sosial yang tinggi , dan potensi itulah yang ingin diakomodir oleh BATARA SAKTI INDONESIA , yang pada gilirannya bisa menjembatani Pemerintah agar kepada para pengguna alat komunikasi radio anggota BATARA SAKTI INDONESIA tersebut bisa mendapatkan Izin Komunikasi Personal.

VISI & MISI .

BATARA SAKTI (Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati) INDONESIA merupakan wadah secara Nasional dari para pengguna frekwensi radio , baik para Amatir Radio , Komunikator, Paguyuban / Komunitas maupun para simpatisan pengguna frekwensi radio.

Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA dikelola atas dasar azas Kebersamaan , Kesetaraan , Saling menghargai dan menghormati antar sesama .

Tujuannya adalah pemberdayaan potensi dari para pengguna alat komunikasi radio agar lebih bermanfaat bagi Masyarakat , utamanya ketika terjadi situasi emergency seperti ketika terjadi bencana alam , terjadi musibah disuatu tempat , membantu komunikasi untuk keperluan Pemerintah setempat.

Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA adalah sebuah perkumpulan sosial kemasyarakatan non profit (nir laba) , mandiri , tidak berafiliasi dengan salah satu kekuatan politik manapun (non partisan).

KEANGGOTAAN

Anggota BATARA SAKTI INDONESIA adalah semua warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat seperti diatur didalam Undang-undang Telekomunikasi Indonesia.

Masa berlaku keanggotaan adalah 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang.

Untuk memudahkan administrasi anggota maka setiap anggota diberikan kode pada nama panggilannya , diseluruh Indonesia kode panggilan menggunakan huruf awal YZ (Yankee Zulu) , kemudian diikuti dengan kode propinsi dengan angka dan terakhir panggilan dengan dua atau tiga huruf.

Contoh : YZ01BW……. Untuk Pakde Bejo di Yogyakarta

YZ02PCN…….. Untuk Cak Prabu di Malang …..dst

KEPENGURUSAN

Kepengurusan BATARA SAKTI INDONESIA berada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kantor kepengurusan disebut dengan MAKO (Markas Koordinasi).

Markas Koordinasi BATARA SAKTI INDONESIA Pusat berada di Jl. Langensari No. 1 Yogyakarta (Komplek Kwarda Pramuka ).

Markas Koordinasi BATARA SAKTI INDONESIA Propinsi diberikan dengan nomor urut sesuai dengan nomor urut bergabungnya Propinsi tersebut menjadi Keluarga Besar BATARA SAKTI INDONESIA.

Markas Koordinasi 1 adalah untuk Propinsi DIY dikota Yogyakarta

Markas Koordinasi 2 adalah untuk Propinsi Jawa Timur dikota Malang

Markas Koordinasi 3 adalah untuk Propinsi Jawa Tengah dikota Klaten

Markas Koordinasi 4 adalah untuk Propinsi Jawa Barat dikota Bogor

Markas Koordinasi 5 adalah untuk Propinsi DKI di Jakarta Selatan

Dst……..

MANAGEMEN ORGANISASI

Untuk Memanage (mengelola) BATARA SAKTI INDONESIA pada dasarnya adalah sistem KONFEDERASI

Kepengurusan Pusat memberi keleluasaan kepada Kepengurusan Propinsi untuk menata organisasinya , koridornya adalah AD / ART yang berlaku secara Nasional.

Apabila pada tingkat Propinsi sudah banyak anggotanya sehingga perlu adanya pembagian / pemekaran pengelolaan kepada tingkat Kabupaten / Kota maka Kepengurusan tingkat Propinsi juga akan memberikan keleluasaan terbatas kepada kepengurusan tingkat Kabupaten / Kota.

Intinya BSI adalah WADAH para Pengguna Frekwensi di seluruh Indonesia (tidak pandang bulu) dan tetap memberikan KELELUASAAN kepada para Pengurus BSI di Propinsi / Kabupaten / Kota untuk mengatur Rumah Tangganya sendiri2 , hanya saja SECARA NASIONAL TERWADAHI didalam BSI.

LOGO

Perkumpulan BATARA SAKTI memiliki sebuah Logo berupa Lingkaran bulat telur dengan perbandingan ukuran 3,5 : 8,0 (lebar : panjang) , dengan urutan sebagai berikut :

1. Paling luar berupa Rantai kapal yang tidak terputus, warna hitam, menggambarkan ikatan persaudaraan yang kuat

2. Tulisan/huruf KERABAT DIRGANTARA SAHABAT KARIB SEJATI , BINTANG dan BATARA SAKTI INDONESIA mengikuti lingkaran rante, warna tulisan hitam dengan dasar oranye ( seperti warna SAR/Search And Rescue) meng- gambarkan warga Batara Sakti memiliki jiwa SAR yaitu siap memberikan bantuan khususnya melalui alat komunikasi

3.Bulat telur warnadasar hijau didalamnya terdapat Peta   Kepulauan Nusantara yang berwarna putih

4. Garis berbentuk lingkaran bulat telur warna hitam sebagai pembatas warna hijau dan warna oranye.

5. Huruf BSI ditengah Kepulauan Indonesia

PAKAIAN / UNIFORM

Tidak ada Pakaian Seragam  khusus yang berlaku untuk seluruh Indonesia.

BATARA SAKTI INDONESIA mengacu pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika , sehingga untuk Seragam / Uniform diserahkan kepada masing-masing Propinsi / Kabupaten / Kota .

Uniform kebanggaan untuk masing2 Propinsi / Kabupaten / Kota tentu saja berbeda-beda , yang penting khususnya Baju & Topi harus ada logo BATARA SAKTI.

SIMULASI TANYA JAWAB

SEPUTAR BSI

1. Tanya: Kenapa sich ?? kok ada BATARA SAKTI segala ??? kan sudah ada RAPI dan    ORARI ???

Jawab: Itu betuuulll !!!

Munculnya BATARA SAKTI INDONESIA (Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati) berangkat dari KEPEDULIAN ATAS SEBUAH KENYATAAN , bahwa pengguna radio komunikasi YG BELUM / TIDAK BERIZIN jumlahnya JAUH LEBIH BESAR ketimbang yg sudah berizin.

Karena itulah BATARA SAKTI Indonesia mewadahi semua unsur pengguna frekwensi radio perorangan , baik yg Izinnya masih valid maupun yg belum berizin untuk beraktivitas sosial bersama dalam suasana kebersamaan , kesetaraan , saling menghormati dan saling menghargai.

2. Tanya          : Berarti BATARA SAKTI itu Illegal ya ???

Jawab          : Sebenarnya didalam beraktivitas sosial dan bermanfaat positif bagi orang banyak , tidak perlu kita berkutat pada masalah Legal dan Illegal

Contoh : Keluarga besar BSI secara suka rela dan spontan membantu masayarakat yg kebanjiran …… apakah niat itu harus dibatalkan dan dianggap tidak sah ??? hanya karena yg beraktivitas itu kumpulan orang-2 yg dianggap Illegal ???

3. Tanya          : Apakah BSI itu Barisan Sakit Hati , ingin buat Tandingan dsb ???

Jawab          : Pandangan tsb SALAH BESAR , karena berdirinya BSI justru berawal dari KEPEDULIAN dari para pengguna frekwensi yg IZIN nya masih valid dan terjadi secara spontan ketika mereka berkomunikasi lewat udara , khususnya lewat GATEWAY , mereka PEDULI ATAS SEBUAH KENYATAAN , bahwa yg belum berizin dan jumlahnya sangat besar itu perlu DIWADAHI & DIARAHKAN untuk hal positif.

4. Tanya          : Apakah BSI bukan hanya sekedar sensasi dan mencari simpati ???

Jawab          : BSI didirikan bukan untuk mencari simpati …. Tetapi untuk MEWADAHI.

Jadi teman-2 yg bersimpati dengan wadah BSI dan merasa cocok dengan tujuan baik dari BSI , lalu menyatakan bergabung dengan BSI…

Sebagai gambaran ….. seminggu sesudah diluncurkan di FB , sudah lebih dari 500an teman bergabung di grup tsb …… dan sudah lebih dari 50 orang teman dari 15 Propinsi menyatakan bersedia menjadi PERINTIS BATARA SAKTI INDONESIA di Propinsi masing-masing.

5. Tanya          : Kalau Organisasi Radio yg lain (contoh : RAPI) didirikan oleh Pemerintah , bagaimana dengan BATARA SAKTI ???

Jawab          : Pada waktu itu th. 1980 memang YANG PUNYA INISIATIF adalah Pemerintah Indonesia , setelah melihat kenyataan para pengguna frekwensi radio diluar para Amatir radio juga sangat banyak , mereka juga Illegal , sehingga perlu dibuatkan wadah , yaitu  RAPI.

Sekarang , sesudah 30 tahun kemudian , ternyata (adalah sebuah kenyataan) , pengguna yang tidak berizin jumlahnya jauh lebih besar dari yang berizin ….. dan sekarang yang PEDULI atas keadaan tsb adalah masyarakat Indonesia Pengguna frekwensi komunikasi radio , yaitu yg tergabung didalam BATARA SAKTI INDONESIA ….. apakah kepedulian ini salah ???

Karena kepedulian itu berasal dari masyarakat , tentunya BSI juga akan mengikuti aturan undang-undang untuk mendirikan sebuah PERKUMPULAN dimana  hal tsb juga diperbolehkan dan dijamin oleh Undang-undang.

Dalam waktu yg tidak lama (sesudah segala persiapan tertata beres) BSI akan di Legalkan dengan AKTE NOTARIS , kemudian akan didaftarkan kepada Depkumham untuk di registrasi.

Pada gilirannya , Pengurus Besar BSI tentu akan mendaftarkan semua warga yg tergabung didalam BSI kepada Kementerian terkait (Kominfo) untuk dimintakan solusinya , dan kami yakin….. Kominfo akan memberi solusi terbaik , tidak akan membumi hanguskan wadahnya.

6. Tanya          : Bagaimana dengan Callsign YZ ??? apa itu bukan pelanggaran ???

Jawab          : Tidak ada yang dilanggar sama sekali.

YZ (Yankee Zulu) atau lainnya adalah kode Panggilan yang lazim digunakan didalam komunitas radio komunikasi , tujuannya adalah untuk efisiensi penyebutan nama seseorang didalam berkomunikasi.

Sebelum seseorang menggunakan kode panggilan YZ …. Wajib menyerahkan biodata yang valid seperti Fotokopi KTP dan pasfoto kepada Pengurus maupun Koordinator BSI setempat , melalui berbagai sarana seperti : Pos , Fax , Email untuk dimasukkan didalam database , sebagai bentuk pertanggungan jawab atas  penggunaan kode panggilan YZ tsb.

Pemilihan kode panggilan YZ….. juga tidak asal-asalan , Pengurus Besar BSI telah menelusuri didalam ITU , dan ternyata YZ belum dipergunakan untuk kode panggilan komunitas komunikasi di negara manapun .

7. Tanya          : Bagaimana dengan yg sudah tergabung didalam ORARI dan RAPI ???

Jawab          : Tidak ada masalah sama sekali.

BSI mewadahi semua warga masyarakat pengguna komunikasi radio untuk beraktivitas sosial bersama , atas dasar Kebersamaan , Kesetaraan , Saling menghormati , Saling menghargai.

Ibaratnya , punya KTP dari manapun tidak ada masalah beraktivitas sosialnya lewat BSI … tidak ada larangan to ?? seseorang ber KTP suatu kota tidak ada larangan beraktivitas dikota lain ???

8. Tanya          : Kenapa Nomor urut Propinsi tidak berurutan secara sistematis ??

Jawab          : Nomor Urut Propinsi di BSI memakai nomor urut kapan waktunya ada salah satu personel dari Propinsi tsb mulai bergabung di BSI.

9. Tanya          : Kenapa pemberian nama panggilan (YZ……) bisa semaunya ???

Jawab          : Untuk 1000 pendaftar pertama disebuah Propinsi diberikan kebebasan untuk memilih nama panggilannya sendiri , sebagai penghargaan bahwa yang bersangkutan termasuk kategori Perintis BSI di Propinsi tsb.

Apabila dalam satu Propinsi ada nama panggilan yang sama , maka yang bergabungnya belakangan harus mengalah.

10. Tanya        : Kenapa BSI tidak punya Pakaian Seragam yg berlaku Seluruh Indonesia ???

Jawab        : BSI menganut falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Kepada BSI Propinsi dibebaskan menentukan Pakaian Seragamnya , yg penting pada baju dan topi ada atribut BSI….. Pakaian Seragam bisa menumbuhkan kebanggaan tersendiri , dan seragam kebanggaan bagi masing-masing Propinsi tentu saja berbeda-beda.

11. Tanya        : Di ORARI ada kode Q , di RAPI ada kode Ten , di BSI bagaimana ???

Jawab        : Di BSI memakai kode Eleven.

DAFTAR MARKAS KOORDINASI (MAKO)

BATARA SAKTI INDONESIA


MARKAS BESAR : JL. LANGENSARI No. 1 , YOGYAKARTA

MARKAS KOORDINASI (MAKO) :

1. Markas Koordinasi 1 adalah untuk Propinsi DIY dikota Yogyakarta

Perintis : YZ01BW …… Pakde Bejo

2. Markas Koordinasi 2 adalah untuk Propinsi Jawa Timur dikota Malang

Perintis : YZ02AM ……. Cak Prabu Cakraningrat

3. Markas Koordinasi 3 adalah untuk Propinsi Jawa Tengah dikota Klaten

Perintis : YZ03PYU …… Mas Sony

4. Markas Koordinasi 4 adalah untuk Propinsi Jawa Barat dikota Bogor

Perintis : YZ04NDA …… Mas Har

5. Markas Koordinasi 5 adalah untuk Propinsi DKI di Jakarta Selatan

Perintis : YZ05BMO …… Pakde Bimo

6. Markas Koordinasi 6 adalah untuk Propinsi Kalimantan Selatan

Perintis : YZ06EKO & YZ06AE ……. Mas Eko & Pakde Anoman

7. Markas Koordinasi 7 adalah untuk Propinsi Kalimantan Timur di Kutim

Perintis : YZ07BW & YZ07EKA ……… Pakde 47 & Mas Penceng

8. Markas Koordinasi 8 adalah untuk Propinsi Banten di Serang

Perintis : YZ08EKA …….. Mas Eka

9. Markas Koordinasi 9 adalah untuk Propinsi Lampung di Lampung Tengah

Perintis : YZ09DS & YZ09BNX ….. Bang Ucok & Lik Bonex

10. Markas Koordinasi 10 adalah untuk Propinsi Riau di Pekanbaru

Perintis : YZ10EVI ……… Bang Bison

11. Markas Koordinasi 11 adalah untuk Propinsi KEPRI di Batam

Perintis : YZ11PO ………. Mas Pur

12. Markas Koordinasi 12 adalah untuk Propinsi NAD di Lhokseumawe

Perintis : YZ12JJ ……….. Mas Nandar

13. Markas Koordinasi 13 adalah untuk Propinsi Bali di Denpasar

Perintis : YZ13CTR …….. Mas Catur

14. Markas Koordinasi 14 adalah untuk Propinsi Sumatera Selatan di Palembang

Perintis : YZ14WD ……… Bang Johan

15. Markas Koordinasi 15 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ15…

16. Markas Koordinasi 16 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ16…

17. Markas Koordinasi 17 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ17…

18. Markas Koordinasi 18 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ18…

19. Markas Koordinasi 19 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ19…

20. Markas Koordinasi 20 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ20…

21. Markas Koordinasi 21 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ21…

22. Markas Koordinasi 22 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ22…

23. Markas Koordinasi 23 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ23…

24. Markas Koordinasi 24 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ24…

25. Markas Koordinasi 25 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ25…

26. Markas Koordinasi 26 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ26…

27. Markas Koordinasi 27 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ27…

28. Markas Koordinasi 28 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ28…

TATA CARA PEMBERIAN KODE PANGGILAN DAN MENJADI ANGGOTA BSI

Untuk memudahkan Administrasi dan Inventarisasi anggota maka para anggota Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA diberikan Kode Panggilan (bukan Callsign).

Kode Panggilan untuk anggota BATARA SAKTI diseluruh Indonesia adalah YZ (Yankee Zulu) : YZ01…., YZ02…. , YZ03…. Dst

Angka 01 , 02 , 03 dst adalah Kode Nomor Urut Propinsi , yang pemberian urutannya adalah berdasar kapan (waktu) ada salah satu Personel dari Propinsi tersebut mulai bergabung di BSI , yang selanjutnya ditetapkan sebagai PERINTIS BATARA SAKTI INDONESIA di Propinsi tersebut.

Kepada para Perintis dan 1000 anggota berikutnya di sebuah Propinsi diberikan kebebasan untuk memilih Suffix nya , baik berupa dua huruf maupun tiga huruf , ditulis dalam huruf besar tanpa spasi ( contoh : YZ01BW).

Apabila dalam satu Propinsi terjadi Suffix sama , maka yang bergabung belakangan harus mengalah , memilih alternatif lain yang belum digunakan … sedangkan suffix sama tetapi lain Propinsi tidak menjadi masalah.

Pendaftaran menjadi anggota BSI sangat mudah ….. yaitu memberikan Biodata yg valid sesuai KTP melalui berbagai cara : (Langsung , Fax , Email, Pos dll…) disertai pasfoto , kepada para Perintis BSI Propinsi atau Perintis pada Perwakilan Markas Koordinasi pada Kabupaten / Kota atau Perintis dari Gabungan beberapa Kabupaten / Kota.

Untuk sementara juga masih bisa dikirim langsung ke Markas Besar BSI melalui email : batarasakti.indo@yahoo.com ; jz12abv@rapi12diy.com ; jz12axj@rapi12diy.com ; gobang70@gmail.com

BSI terbuka bagi siapa saja , baik yang keanggotaannya di ORARI / RAPI masih valid , Mantan Anggota maupun para Simpatisan (pengguna alat komunikasi radio yg belum berizin)

Demikian Informasi ini untuk bisa disosialisasikan kepada teman-2 diseluruh Nusantara

http://dworo.wordpress.com/2010/08/18/batara-sakti/

6 responses to “Batara Sakti

  1. untuk ber-etika sosial jangan takut pada siapapun asal-kan kita tidak melanggar aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat…
    BRAVO BSI MARI BERJUANG BERSAMA dengan segenap anggota

    mbah SURO

  2. syarat untu kmenjadi anggota apa hanya mengirim biodata saja ato masih ada lagi,semacam mengisi formulir pendaftaran??
    terima kasih

  3. yth : BSI
    Bagaimana caranya saya daftar menjadi anggota BSI?
    kira2 harus bayar berapa?
    trimakasih mohon pencerahannya.

  4. bagaimana cara proses pendaftaran bsi? alamat saya di kota lhokseumawe-aceh, apa yang menandakan seseorang kalau dia anggota bsi? apakah anggota bsi bisa kena sanksi hukum bila menggunakan radio komunikasi kalau dia bukan anggota rapi atau orari?

  5. selamat dan sukses…..!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s