Tips Persiapan Mudik Lebaran Dan Puasa Ramadhan 2009: Checklist Barang Yang Dibawa Agar Dipersiapkan Dari Sekarang (1430H)

persiapan mudik Lebaran adalah dalam rangka memastikan apa saja barang harus dibawa saat Anda harus akan memulai perjalanan menuju kampung halaman.

Sebaiknya barang bawaan mudik puasa atau lebaran sudah harus disiapkan satu atau dua minggu sebelum hari H atau hari utama untuk menghindari ada yang tertinggal atau terlupa.

Artikel persiapan ini saya sharing jauh-jauh hari agar dapat membantu sahabat Rumah Islami dalam membuat checklist barang bawaan mudik Lebaran.

Mudah-mudahan tips persiapan mudik puasa dan Lebaran ini bermanfaat ya. Jangan lupa download jadwal puasa Ramadhan imsakiyah 2009 ya🙂

Persiapan yang Perlu Dibawa Ketika Mudik

1. Makanan dan Minuman
Ketika bayi telah berusia lewat 6 bulan dan mulai mendapatkan makanan pendamping ASI, maka bawa makanan dan minuman yang cukup banyak untuk cadangan selama perjalanan. Makanan dan minuman yang dibawa harus disesuaikan dengan lamanya perjalanan agar barang bawaan kita tidak berlebihan. Manfaatkan MPASI instan yang praktis di dalam penyajiannya seperti bubur susu dan biskuit bayi. Bayi yang berusia 6 bulan atau kurang cukup diberi ASI.

2. Obat-obatan Resep Dokter
Selama perjalanan khususnya perjalanan yang membutuhkan waktu yang lama, tiba-tiba memerlukan obat untuk bayi karena tidak membawa atau habis, hal ini akan menyebabkan kesulitan bagi kita. Karena obat bayi tidak mudah ditemui di pasaran bebas dan harus dari resep dokter. Mintalah resep atau obat cadangan yang sewaktu-waktu diperlukan misal obat penurun panas. INGAT bahwa pemberian obat-obatan untuk bayi tidak boleh sembarangan karena dosis harus disesuaikan dengan berat badannya. Beri tahu juga berapa lama kita dan si kecil akan pergi agar dokter mengetahui jumlah cadangan obat yang harus disediakan. Jangan lupa membawa juga buku riwayat kesehatan bayi jadi misalkan dia mengalami masalah begitu tiba di tempat tujuan, dokter di sana dapat melakukan penanganan yang lebih tepat dan akurat berdasarkan riwayat perjalanan penyakit bayi tadi, alergi terhadap obat-obatan tertentu, obat yang biasa dikonsumsi dan sebagainya.

4. Pakaian dan Mainan
Jangan lupa bawalah jaket, selimut, topi, dan kaus kaki bayi. Popok sekali pakai cadangan wajib dibawa, meski perjalanan tidak memerlukan waktu yang lama. Mungkin saja si kecil sering pipis atau bahkan poop sehingga memerlukan popok baru. Bawa juga mainan yang dia sukai dan beberapa buku bergambar agar bayi dapat bermain selama di perjalanan.

5. Perlengkapan makan dan minum
Ketika bayi sudah melewati usia di atas 6 bulan dan sudah masa ASI eksklusif, bayi mulai mendapat MPASI jangan lupa siapkan botol susu beberapa buah, termos kecil, juga berbagai perlengkapan makannya seperti piring, sendok, lap, dan gelas, wadah susu bubuk. Kalau Anda masih menyusui bayi hingga selewat usia 6 bulan tentu tidak perlu membawa botol dot kecuali untuk pemberian sari buah.

Sumber tulisan: http://www.f-buzz.com/ Tips Persiapan Mudik Lebaran Bulan Puasa Ramadhan 2009

Ada tambahan buat pemudik yang pake kendaraan roda 2

  • Motor sebaiknya dilakukan service besar… !!! Oli mesin (untuk 4 tak, atau gearbox untuk 2 tak) elo ganti. Sebaiknya pilih oli yang bagusan.. karena jika jalanan macet… maka kondisi mesin panas, thus viscositas oli yang jelek.. bakalan bikin engine semaput… dan ujung-ujungnya ngerepotin di jalan…!!! Oil filter sekalian diganti, air filter juga, busi juga sekalian diganti…!!!
  • Check plus setting kembali carbu / klep, check juga rantai keteng jika sudah aus ganti deh… !!! Sebaiknya jangan neko-neko…apalagi pake pilot / main jet yang gede-gede… disamping boros.. juga kondisi jalan nggak memungkin buat ngedrag segala… jadi baiknya yang sedang-sedang saja.
  • Check juga gear depan / belakang.. plus rantai.. !!! Jika gear sudah aus sebaiknya ganti sekalian plus rantai juga…!!! Jika belum, check kerenggangan rantai.. ikutin kerenggangan sesuai standard pabrikan…!!! Khusus untuk skutik check belt nya… dan juga roller.. karena inin sangat penting buat skutik…!!
  • Check rem, disc, kanvas rem, minyak rem.. !!! Karena ini sangat fital, apalagi kalau jalannya naik turun, kanvas rem yang tipis bakalan nyusahin di jalan, dan juga berbahaya…!!!
  • Suspensi juga di check, apalagi yang nekad bawa barang plus keluarga… wah jika shock depan atau shock belakang sudah jelek.. (bocor umpamanya), bakalan bahaya di jalan… apalagi kelebihan muatan…!!!
  • Ban ini juga penting, check kembangan ban.. masih tebel atau udah tipis…!!! Jika tipis ganti deh… bagusnya kalau bisa pakai tubeless.. kalau nggak yah yang penting kondisi ban prima aza daagh…!!!
  • Electricity juga dichek… Lampu-lampu, lampu sein.. juga dichek.. !!! Check juga mengenai aki, dan sistem pengisiannya… berjalan normal nggak…!!!
  • Setelah semua dilakukan, untuk pengetesan minta kepada montir senior yang menangani… syukur-syukur dari awal montir senior yang handle…!!!

sumber dengan editing  : http://triatmono.wordpress.com/2007/10/08/persiapan-mudik-lebaran-pake-motor/

Bersambung ……… pemudik pake HT / Radio nih tipsnya……….

One response to “Tips Persiapan Mudik Lebaran Dan Puasa Ramadhan 2009: Checklist Barang Yang Dibawa Agar Dipersiapkan Dari Sekarang (1430H)

  1. Trims, Tipsnya sangat bermanfaat, dapat membantu kelancaran dan kenyamanan dalam perjalanan mudik. Apalagi mudik adalah suatu moment yang pasti ditunggu siapapun. Perjalanan jauh pun rela ditempuh banyak orang, walaupun dibumbui rasa lelah karena jalanan yang padat. Agar perjalanan mudik lancar, segala sesuatu nya harus dipersiapkan seteliti mungkin.
    Dengan adanya tips seperti di atas, mudah-mudahan dapat menyadarkan pemudik agar persiapan yang dilakukan tidak asal-asalan. Bagi yang bermaksud pulang mudik, hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan.
    Iklan Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s