142.560 Mhz (Koreksi)

Beberapa minggu ini  monitor di Frekuensi 14.256 Mhz 142.560 Mhz lumayan kaget juga, karena di frekuensi ini sering dan kerap kali temen-temen “Breaker” “pentung-pentungan”. dan luar biasanya tidak hanya dari sekitar Tambun-Bekasi dan JaBotabek area “Om Hantu, Om Gorin, Om Ciko, Om Kutil, Om Umar, Om Kopi, Om Kempalng, Om Kinoy, dan lain-lain” tapi ada dari Bandung “ Om Dody, Om Koi , kang Denny ” dan temen temen lain di bandung, juga ada Om Kuncung di lampung  dari Cianjur “om Mingkem” Sukabumi “Om Armand” dan beberapa temen-temen yang keluar masuk ke Frekuensi 14.256 Mhz 142.560 Mhz.

Ada Hikmah dibalik semua itu, Mitos Power besar antenna directional dan modulasi kuenceng, tapi penempatan antenna kesesuaian “matching” antara Radio + Feeder + Antenna cukup berpengaruh.

Namun dibalik semua mitos itu yang terpenting adalah tidak semua “Station Radio” yang selalu menang, Menang di satu tempat, artinya masih ada yang lebih “hebat” dari station radio lain.

——- 16 agustus 2008

entah teory apa yang bisa menjelaskan ( barangkali saudara ku ada yang bisa menjelaskan ) rumah saya berlokasi di TAMBUN SELATAN dan iseng coba-coba “racing” ke CIANJUR tempatnya om Mingkem, saya menggunakan Radio Motorola GM 300 saya setting di power 5 watt ( terukur di SWR – DAIWA CN-801 ) saya ga tahu temen-temen yang lain menggunakan radio dan power brp, tapi aneh suara saya “ga” bisa “di-tiban” oleh STATION Radio lain…

bersambung…….

15 responses to “142.560 Mhz (Koreksi)

  1. Bang, nulis frekuensinya bikin bingung. mungkin yang anda maksud di 2 meteran ya? itu berarti cara nulisnya adalah 142,56 MHz atau 256 on display. kalo 14,256 MHz itu band amatir yang kalo jarak pendek malah ngga bisa. lain lagi kalo anda nulis 14.256 MHz karena itu sama aja dengan 14,256 GHz, cuma satelit ama link telkomsel yang main di situ.

  2. brothers…. JZ10LEJ,
    sekedar koreksi penulisan frekuensi radio yang anda tulis di blog ini,

    mungkin maksud anda menulis 142.560 Mhz (satu empat dua titik. lima enam nol) ini panjang gelombangnya 2meter (2 meter band) band VHF (Very High Frequency) dan BENAR ini alokasi Band VHF bagi sodaraku di organisasi RAPI (Radio Antear Penduduk Indonesia) . Untuk referensi link :
    Band Plan VHF :

    http://www.rapi12diy.com/diskusi/view_topic.php?id=211

    kalo anda tulis 14.256MHz (empat belas titik dua ratus lima enam) seperti pada blog ini atinya panjang gelombang 20m band HF(High Frequency), jadi berbeda sangat jauh ya..sekedar meluruskan saja, tebakan saya pasti yang anda maksud adalah 142.560MHz bukan 14.256mhz (seperti yang anda tulis pada blog ini ) karena ini band untuk Amatir Radio dan hanya kelas Advance Class (YB) yang boleh operating di Band ini. Untuk referensi Band Plan Amatir Radio ,silahkan klik :

    http://www.odj.or.id/alokasi-band.html

    Biar blog ini bisa dijadikan referensi buat temen2 yang lain jadi informasi harus BENAR dan akurat,mohon maap yeee..ini cuma koreksi aja.

    Terima kasih, brothers…JZ10LEJ

    de 4n4y

  3. yg anda maksud dengan 14.256 mhz ini apa ya.saya kurang paham apakah ini di hf.kalau di hf setahu saya tidak ada .tapi kalau di vhf ada tapi untuk vhf anda salah menulisnya seharusnya 142.560 mhz .maaf kalau saya salah

    salam
    yc4sj/ lampung

  4. om donny, om 4n4y,om yc4sj, saya sangat berterima kasih, atas koreksi yang saudara-saudaraku berikan di blog ini. sungguh saya katakan sekali lagi saya sangat menghargai dan saya akan terus belajar dan belajar, sekali lagi terima kasih.

    Sekedar informasi, tadinya blog ini hanya sekedar iseng tapi ternyata banyak juga yang “nengok” kedepan saya kan berhati-hati apabila menulis atau copy – paste mengenai blog ini.

    Sekali lagi terima kasih

  5. masalah tulisan ga penting om, yg penting ngerti. kapan2 ikutan belajar sama om ya. tks

  6. om setiarto, sebagaian ada yg perduli degan tulisan sebagian tidak karena sudah mengerti, namun sepertinya penting untuk selalu membuat tulisan sesuai dengan standard, agar kita semakin memahami. BTW marilah kita sama-sama belajar🙂 dan belajar…..

  7. OM, mungkin ngetiknya sambil mentung/racing, jadi lupa deh..atau bisa jadi radionya pakai radio Jadul spt saya he..he.. Peace Om Orson Bin Enang..

    Salam manis dr Radio Antar Tetangga

  8. radio saya ga pake LCD Display.. :(( betul sekali om Kutil.

  9. Ha…ha….Om Enang JZ10LEJ my brother dan temen2 lainnya , wah ternyata banyak yg responnya ya…coba kita sama-sama belajar yo…

    Tentang racing ke cianjur…dgn 5watt saja…nah ..pertanyaan saya…Antena apa yang anda gunakan ? perkiraan saya Antena anda menggunakan Gain yang tinggi…disamping faktor lain , seperti propogasi…ground wave, ground yang baek, lokasi, dll…menurut saya lho…coba anda jelaskan …lebih detail…spesifikasi radio, antena..lokasi,dll

    4n4y

  10. OM 4n4y saudaraku- data spesifikasi station radio saya yah : Motorola GM 300 sy running 5 watt atau skala 30% pada setting radio, Antena Hy Gain V2R dibeli pada tahun 1992 yg lalu ( maklum copotan dari ex kantor dan sepertinya Original ), Cable Ericsson 50 ohm panjang 20 meter, VSWR 1:1.2 ( Please koreksi lagi kalau salah) ketinggian Tower 17 Meter, peletakan Antena dari tanah +/- 10 Meter. Sementara data nya ini dulu om 4n4y….
    Tambahan jarak udara dari tempat om Mingkem ( 6°46’58.17″S – 107° 3’42.63″E elev 3132 ft ) di Cianjur ke tempat saya di Tambun ( 6°13’22.80″S – 107° 4’46.81″E elev 30 ft) +/- 62 KM.

  11. Sy tertarik sekali dgn radio tp sy sangat awam sy mau tanya bagaimana caranya seting kabel dn antena yg benar dan detail memakai sx 200.yg tahu mohon infonya terimakasih.

  12. wah itu ada ko artikelnya di bagian teknikal – cara nge-dip antenna, semoga bermanfaat :

  13. Pentungan hanyalah seni pengujian :

    Antena
    Propagasi
    Resonansi

    Kalau dari ketiga unsur tadi masih kurang…berarti siap siap jajan tabung dan genzet

    salam
    Jablay

  14. diantaranya ada yang pernah saya pentung di 392 waktu ke tasik dan Bandung,,,pada saat itu ada om Rawit, ikan, lontong, ayam juga

    Jaya di udara nyungseb di sawah.
    Wassalam

  15. mungkin yg niban power nda lebih besar dari 5 watt dan perekam menggunakan antena apa , omni or pengarah ??? tul

Tinggalkan Balasan

